Home / Cloud / Siemens Perkenalkan Solusi Cloud Bagi Industri Manufaktur

Siemens Perkenalkan Solusi Cloud Bagi Industri Manufaktur

Jakarta, 30 April 2018 – Siemens AG meluncurkan sebuah platform digitalisasi terbaru bernama Siemens Industrial Edge. Peluncuran platform ini diumumkan dalam acara Hannover Messe 2018 yang diadakan di Hannover, Jerman, 23-27 April 2018. Platform ini befungsi membantu perangkat automasi dengan cara menyediakan pemrosesan data di tingkat mesin serta teknologi analisis canggih dan kemampuan Edge Computing untuk industri manufaktur dengan aman. Siemens Industrial Edge menawarkan pengguna kemudahan dalam menjalankan berbagai aplikasi analitis deskriptif, diagnostik, prediksi dan preskriptif. Hal ini memungkinkan konektivitas cloud (data ke cloud) dikombinasikan dengan penggunaan Edge Apps dari Siemens, penyedia pihak ketiga atau pengguna akhir dalam ekosistem hardware dan software yang terintegrasi (Edge App to Device) untuk perangkat automasi.

Dengan kehadiran Siemens Industrial Edge, perusahaan menawarkan pengguna kesempatan untuk mengatasi permasalahan antara pemrosesan data secara lokal dan tradisional dan pemrosesan data berbasis cloud sehingga kebutuhan organisasi dapat terpenuhi. Edge Computing juga memungkinkan data dalam jumlah besar untuk diproses secara lokal. Untuk tujuan ini, Siemens juga merilis rangkaian aplikasi yang luas bagi pengguna, seperti pemrosesan data, visualisasi data melalui webservers, transfer data ke cloud atau infrastruktur TI, dan siklus inovasi yang cepat dalam pengembangan aplikasi. Adapun keuntungan lain yang bisa didapatkan seperti penghematan biaya untuk penyimpanan dan transfer karena volume data yang besar sudah terlebih dahulu di proses dan hanya data relevan saja yang pada akhirnya di transfer ke cloud ataupun infrastruktur TI. Siemens Industrial Edge mendukung protokol untuk transfer cloud ke MindSphere, sistem operasi terbuka berbasis cloud milik Siemens. Di masa depan, aplikasi ini juga akan mendukung Message Queuing Telemetry Transport (MQTT), sehingga membuat transfer data menjadi aman, terlidungi dan efektif.

Proses yang stabil dan peningkatan produktivitas untuk peralatan mesin

Industrial Edge untuk Sinumerik merupakan sebuah platform tingkat mesin bagi aplikasi software yang berfungsi mengumpulkan, melakukan pemrosesan awal serta menganalisa data berjumlah besar. Selain itu, juga dapat dilakukan estimasi bagi peralatan mesin yang kompleks dan penambahan waktu untuk pemrosesan atau pemantauan tempat kerja juga bisa dioptimalkan. Baik sistem operasi dan aplikasi di Industrial Edge terinstal dalam Sinumerik dan terus diperbarui melalui layanan backend di MindSphere, sistem operasi IoT terbuka berbasis cloud milik Siemens. Industrial Edge untuk Sinumerik menyediakan pengguna sebuah proses dan pemantauan kondisi yang stabil sehingga produktivitas secara signifikan menjadi lebih tinggi.

Fleksibilitas dan produktivitas yang tinggi bagi  industri manufaktur

Siemens menawarkan pengguna sebuah platform untuk menjawab tuntutan saat ini dan kebutuhan masa depan dalam bentuk Industrial Edge untuk Simatic. Perangkat automasi seperti pengendali Simatic dilengkapi dengan dukungan tambahan melalui Edge Devices sehingga memperoleh keuntungan dari pengolahan data pabrik yang berjumlah besar serta memperoleh informasi sehingga produktivitas terus meningkat. Pada saat yang sama, aplikasi baru seperti pemantauan kondisi atau pemeliharaan prediktif juga diperkenalkan ke teknologi otomatisasi tradisional. Selain itu, Edge Computing menyediakan akses ke tingkat fleksibilitas yang baru, sehingga memungkinkan pabrik untuk terus diperbarui melalui pembaruan yang fungsional dan feedback-free – semuanya itu berbasis siklus standar dari pabrik automasi. Pengembangan aplikasi Siemens membantu pengguna dengan kerangka kerja serta akses ke konektivitas terintegrasi menuju dunia otomatisasi.

Edge Management, Edge Devices dan Edge Apps

Siemens Industrial Edge terdiri dari Edge Management, Edge Devices, dan Edge Apps. Edge Management System sebagai pusat kontrol dan pemantauan kondisi dari semua Edge Devices yang terhubung. Pengguna dapat menggunakan Edge Management System untuk menginstal Edge Apps ke dalam Edge Device tertentu melalui Edge App Store yang terdapat di sistem backend, mis., MindSphere. Edge Devices dilengkapi dengan software Edge runtime yang menjamin konektivitas untuk data yang didapat dari elemen automasi terhubung serta data yang diperuntukkan bagi Edge Management: terdapat toolbox driver untuk mengakses fungsi perangkat. Software Edge runtime juga menyediakan lingkungan yang aman bagi aplikasi untuk menjalankan fungsi pada Edge Devices. Edge Apps untuk Siemens Industrial Edge disediakan oleh Siemens serta penyedia pihak ketiga. Selain itu, pengguna juga dapat mengembangkan Edge Apps mereka sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan individu.

Siemens Industrial Edge menawarkan pengguna kemudahan dalam menjalankan berbagai aplikasi analitis deskriptif, diagnostik, prediksi dan preskriptif. Hal ini memungkinkan konektivitas cloud dapat dikombinasikan penggunaannya dengan Edge Apps dari Siemens, penyedia pihak ketiga atau pengguna akhir sendiri dalam ekosistem hardware dan software yang terintegrasi (Edge App to Device) untuk komponen automasi.

Comments

comments

About Saifullah Selian

Penulis pada HardwareHolic.com & OverclockingID.com

Check Also

Vivo V11 Pro Bebas Backlight dengan Anti-Backlight AI HDR

Jakarta, 12 November 2018 – Aktivitas travelling dan selfie atau swafoto tidak lepas dari Mobile …

%d bloggers like this: