Home / home / Review Asus VivoBook Flip TP410: Pelengkap Kerja Kekinian

Review Asus VivoBook Flip TP410: Pelengkap Kerja Kekinian

Hardwareholic.com – Dunia kerja dimasa kini tak bisa lepas dari teknologi yang menyokong efektifitas dan efisiensi kinerja para pelakunya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, berbagai vendor dengan bermacam merk menghadirkan produk-produk unggulan mereka sesuai dengan kebutuhan pasar yang menjadi sasaran mereka masing-masing. Pada pasar komputer jinjing atau laptop, masing-masing vendor juga menghadirkan inovasi-inovasi terbaik mereka yang tak lagi hanya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, namun juga menjadi sebuah trendsetter dan lifestyle.

Sebagai sebuah merk penyedia alat komputasi yang terbaik di kelasnya, ASUS juga tak ketinggalan dalam menghadirkan inovasinya. Tercatat di awal tahun 2018, ASUS langsung menggebrak pasar dengan seri gaming-nya, disusul kemudian seri mainstream untuk pekerja kantoran yang membutuhkan perangkat handal, ringkas, ringan dan elegan untuk membantu menopang kinerja para pelanggannya. Tersebutlah seri VivoBook yang menjadi andalan ASUS untuk pasar mainstream sebagai solusi bagi pengguna entry hingga mid range diluar seri Zenbook yang menjadi flagship bagi high-end user.

Salah satu dari sekian banyak varian VivoBook yang tersedia, Tim Hardwareholic.com memiliki kesempatan menjajal keunggulan serta kenyamanan ASUS VivoBook Flip TP410U; sebuah laptop convertible yang hadir dengan body  yang bisa berubah menjadi empat bentuk. Perangkat ini sendiri hadir dengan peningkatan teknologi signifikan yang membuatnya layak diperhitungkan oleh kompetitor ASUS yang juga mengeluarkan produk pada segmen yang sama.

Perangkat Multifungsi nan Elegan

Hadir dengan bobot 1.6kg (3.33 lb), desain body premium berbalut metal bergaya hairline menggambarkan ke-eleganan sebuah produk yang berdimensi ringkas dengan ketebalan 14.8mm akan membuat pengguna sangat nyaman memasukkannya kedalam ransel meski sedang membawa cukup banyak barang.

Asus VivoBook Flip TP410 ini juga memiliki sasis dan body  yang terbilang unik. Dengan sasis 13 inci, produk ini bisa memiliki bentang layar 14 inci yang dilengkapi resolusi Full HD (1920×1080 pixel). Hasilnya, kenyamanan ketika menggunakan perangkat ini dalam bermulti media akan sangat sangat terasa memanjakan penggunanya. Dilengkapi dengan speaker stereo yang menghasilkan suara sangat nyaman bagi telinga ketika mendengarkan musik sambil bekerja dalam durasi waktu yang lama.

Desain unik Asus pada VivoBook Flip TP410 juga menjadi nilai tambah produk ini. Dimana sebuah laptop yang begitu ringkas dan elegan dapat bertransformasi kedalam 4 bentuk. Selain sebagai laptop yang merupakan bentuk dasar, perangkat ini dapat diubah menjadi tablet, memutarnya sebesar 360 derajat – menjadi tablet – atau menjadikannya dalam mode standing display yang sangat nyaman untuk multimedia dan presentasi ketika bertemu client face to face.

Dilengkapi Teknologi Mumpuni

Sebagai perangkat yang dirancang untuk bekerja dengan mobilitas tinggi, selama pengujian tim kami dibuat kagum dengan performa yang dihasilkan produk ini. Unit yang kami coba ditenagai prosesor Intel i5-7200U, RAM 4GB DDR4-2133 (single channel, soldered) dipadukan dengan Intel HD Graphics 620, performa yang dihasilkan sangat memuaskan ketika digunakan sesuai peruntukan rancangan produk ini; berkerja dalam mobilitas tinggi, menulis, hingga kebutuhan hiburan.

Berkat bobotnya yang ringan bersua dengan dimensi yang ringkas, perangkat ini akan menjelma menjadi mobile working partner mumpuni yang menghipnotis penggunanya menjadi setia hanya padanya. Performa multitasking produk ini juga handal, terbukti dari tidak adanya lag saat pengujian tim kami ketika digunakan pada kondisi high load meski dilakukan switch mode berulang pada beberapa bentuk transformasi. Selain itu, panas perangkat ini juga terbilang minim dimana tim kami tetap merasa nyaman menggunakannya dengan dipangku dalam durasi pemakaian cukup lama serta load yang terbilang ekstra.

Karena ASUS VivoBook Flip 14 TP410 merupakan laptop convertible yang berarti layarnya dapat diputar. Itu dimungkinkan karena laptop ini menggunakan engsel logam khusus yang mampu diputar sampai 360 derajat dan engselnya tahan hingga 20.000 kali buka-tutup sehingga pengguna tidak perlu takut engselnya rusak.

Ketika bekerja dengan mobilitas tinggi, tentunya pengguna akan sangat direpotkan jika harus melengkapi diri dengan berbagai jack port tambahan. Namun, Asus VivoBook Flip TP410 hadir dengan opsi port lengkap meski dengan desain bodi tipis nan elegan. Port yang telah tersedia antara lain card reader, micro HDMI, dan tiga buah USB 3.0, dan layar touchscreen yang sangat sensitif.

Yang cukup disayangkan dari perangkat ini hanya performa baterai yang terbilang cukup standar kalau enggan dikatakan minim. Selama pengujian, baterai perangkat ini hanya bertahan dibawah 4 jam pemakain high load multitasking tanpa multimedia. Tetapi hal tersebut cukup tertutupi oleh desain adaptor yang mungil sehingga tidak merepotkan pengguna masalah space dan beban ditambah pengisian ulang baterai yang cepat mencapai 60% kapasitas daya dalam 40an menit.

Kesimpulan

Kalau kamu termasuk kaum muda yang aktif bekerja secara mobile, mencari perangkat pendukung handal tanpa takut mempertaruhkan produktifitas; ASUS VivoBook Flip TP410 merupakan pilihan yang tepat. Dengan segala keunggulan yang disebutkan diatas, memilih perangkat ini menjadi partner  kerja adalah keputusan yang ciamik tanpa takut performa dan produktifitas melamban.

Desain yang elegan, berat yang ringan ditambah rentang harga yang nyaman bagi kantong karyawan; bahkan seorang profesional muda wanita sekalipun tidak akan dibebani oleh perangkat ini ketika rutin dibawa berkeliling melengkapi aktifitas kerja.

Comments

comments

About Saifullah Selian

Penulis pada HardwareHolic.com & OverclockingID.com

Check Also

Motherboard GIGABYTE XCC Siap Membuka Peluang Baru Untuk Prosesor Multi-Core

Taipei, Taiwan, 12 Oktober, 2018 –GIGABYTE TECHNOLOGY Co. Ltd, produsen motherboard dan kartu grafis terkemuka, …

%d bloggers like this: