Home / Review / Infinix HOT S3X, Smartphone dengan fitur AI Camera yang Menawan

Infinix HOT S3X, Smartphone dengan fitur AI Camera yang Menawan

Infinix yang dikenal dengan smartphone seri HOT telah menambah satu lagi anggota dari seri HOT yaitu Infinix HOT S3X. penerus dari HOT S3, salah satu daya tarik dari smartphone ini adalah fitur AI selfie. Ulasan ini akan menjelaskan fitur dan spesifikasi yang dimiliki oleh Infinix HOT S3X.

HOT S3X hadir dengan paket boks karton berwarna biru cerah dengan aksen tambahan seperti bentuk smartphone beserta rincian kapasitas storage. selain itu, fitur dan spesifikasi yang dimiliki dari smartphone ini terdapat pada bagian belakang boks.

untuk desain, Infinix memilih desain yang sama seperti smartphone terbaru saat ini. Dengan dimensi dari HOT S3X yaitu 156 x 75.3 x 8.3 (mm) dan berat sekitar 150 gram membuat smartphone ini cukup nyaman digenggam meskipun layarnya terlihat besar. Karena layarnya yang lebar membuat tombol navigasi (Back, All Apps dan Home) digantikan oleh navigasi virtual on-screen.

penggunaan layar 6,2 inci dengan rasio 18.7:9 membuat tampilan menu dan konten di layar HOT S3X (X622-LTE) ini terlihat lebih luas. Dengan adanya “notch” di bagian atas layar membuatnya terlihat seperti smartphone terbaru dengan desain serupa.  Layar dari HOT S3X ini menggunakan layar IPS ukuran 6.2 inch dengan resolusi 720 x 1500 pixel dengan densitas pixel sekitar 269 ppi. Meskipun resolusi yang diusung kecil tapi tampilan menu pada layar tidak terasa sempit. Ditambah dengan layar IPS membuat tampilan menu smartphone ini terlihat cukup jelas.

Untuk tombol fisiknya sendiri hanya tersedia tombol volume (+/-) dan tombol daya yang umumnya ada pada smartphone saat ini. Untuk posisinya sendiri terbilang mudah diakses jari.

Infinix HOT S3X ini menggunakan konektor microUSB 2.0 sebagai port untuk pengisian daya dan transfer data. Selain microUSB 2.0 , terdapat speaker di sebelah kiri dan lubang mic di sebelah kanan. speaker HOT S3X ini terdengar cukup jernih.

sisi atas terdapat port 3.5 mm audio membuat pengguna dapat memasang earphone, headphone atau headset dengan mudah.

 

Tray untuk kartu SIM berada pada sisi kiri smartphone ini. Jika dilihat dengan jelas tray kartu SIM yang digunakan memiliki bentuk dedicated, yang artinya slot SIM dan slot microSD terpisah. Bentuk tray seperti ini membuat pengguna dapat menggunakan dua nano SIM dan memasang microSD dengan mudah tanpa mengorbankan slot SIM.

HOT S3X ini memiliki notch atau “poni” yang sayangnya tidak bisa disembunyikan meskipun dirasa tidak terlalu menggangu. Pada notch tersebut terdapat kamera selfie dengan flash beserta sensor cahaya dan jarak dengan earpiece yang berada di tengahnya.

Untuk bagian belakang, terdapat dual-camera dengan dual flash di kiri atas smartphone ini dan fingerprint scanner berbentuk bulat di tengah dengan posisi sejajar flash kamera. Posisi fingerprint seperti ini masih dapat dijangkau oleh jari telunjuk namun karena berada di belakang membuat penggunaanya harus mengangkat smartphone ini terlebih dahulu. Bodi belakang HOT S3X ini menggunakan material plastik polimer yang terlihat glossy. Bodi dari smartphone ini secara keseluruhan memang terlihat kokoh, namun bagian belakang smartphone ini mudah kotor karena sidik jari dan terasa licin jika dipegang.

Untuk isi dari paket penjualannya selain smartphone itu sendiri, terdapat beberapa item tambahan seperti rubber case, screen guard glass, tray ejector pin, earphone model in-ear, adaptor 2A dengan kabel data micro USB 2.0 dan dokumen berupa kartu garansi dan panduan pengguna. Kelengkapan dari paket penjualan HOT S3X ini jika dilihat cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Adaptor yang terdapat pada paket penjualan memiliki rating output sebesar 5V / 2A DC. rating yang dimiliki terlihat cukup besar untuk mengisi daya baterai dari HOT S3X ini.

Earphone dalam paket penjualan HOT S3X berjenis In-Ear dengan microphone untuk menjawab panggilan.

Selain tray SIM ejector pin, terdapat rubber case dalam paket penjualan. untuk smartphone dengan tekstur belakang yang licin seperti HOT S3X ini bisa berfungsi untuk mencegah kotor akibat bekas sidik jari termasuk dapat menutup port micro USB. Paket dari smartphone ini terbilang cukup menarik dengan adanya screen guard glass jika ingin melindungi layar smartphone dari goresan.

SPESIFIKASI

Spesifikasi yang ditawarkan oleh HOT S3X ini terbilang cukup baik. SoC yang digunakan yaitu Snapdragon 430 mengusung CPU 8 core ARM Cortex-A53 litografi 28nm dengan nilai 1.4 GHz. Dengan SoC yang diusung, performa yang ditawarkan terbilang sama persis seperti smartphone kelas bawah yang mengusung Snapdragon 435.

Infinix memilih opsi RAM 3 GB dengan internal 32 GB untuk smartphone ini. penggunaan RAM 3 GB dirasa cukup untuk menopang performa dari SoC Snapdragon 430. Sedangkan internal storage dengan kapasitas 32 GB mungkin bisa dibilang cukup untuk sekedar menyimpan foto. Jika dirasa kurang, pengguna dapat menggunakan MicroSD sebagai tambahan storage dari smartphone ini dengan mudah.

Baterai yang digunakan pada HOT S3X ini memiliki kapasitas sebesar 4000 mAh. Kapasitas baterai seperti ini cukup sering digunakan pada beberapa smartphone terbaru saat ini. Penggunaan SoC dengan litografi 28 nm yang tertanam pada smartphone ini membuat daya tahan dari smartphone ini bisa dibilang cukup baik.

Hot S3X ini menggunakan system dual-camera untuk kamera utama dengan spesifikasi 13MP + 2MP termasuk fitur HDR dan dual flashlight LED. Untuk kamera depan (selfie) menggunakan 16MP. Smartphone ini memiliki dukungan perekaman video hingga 1080p @ 30fps dan 720p @60fps pada kamera utama. Untuk kamera selfie sendiri mendukung hingga 1080p @ 30fps.

Untuk konektivitas, Hot S3X ini mendukung 4G LTE dan cocok dengan jaringan LTE yang tersedia di Indonesia. Fitur WiFi sendiri memiliki spesifikasi 802.11 a/b/g/n. Konektivitas lain juga tersedia diantaranya Bluetooth v4.0+.

Sensor yang dimiliki oleh HOT S3X ini terbilang cukup lengkap seperti accelerometer, gyroscope, proximity, orientation, sound sensor serta magnetometer.

OS Android yang digunakan di HOT S3X ini adalah Andriod 8.1 oreo dengan XOS 3.3 sebagai UI dari smartphone ini. XOS 3.3 terasa cukup cepat dan tidak terlalu membebani system secara keseluruhan.

Comments

comments

About redaksi

Check Also

Review Mechanical Gaming Keyboard Logitech G512 Carbon Romer-G Linear

Keyboard mekanikal terbaru Logitech G512 carbon ini hadir dalam dua pilihan switch mekanis, yakni Romer-G Tactile dan …

%d bloggers like this: