Home / Review / Corsair Gaming K63 Mechanical Keyboard ( reveiew)

Corsair Gaming K63 Mechanical Keyboard ( reveiew)

Corsair telah lama menjadi salah satu pilihan paling populer bagi gamer PC, dan mengingat banyaknya pilihan keyboard  mekanis yang memenangkan penghargaan dan fitur Corsair yang di tawarkan, pada pada umumnya sekarang sudah trean dengan Mechanical Keyboard yang merupakan salah satu andalan perangkat yang di sukai oleh para Gamers, malah tidak hanya kalangan atas yang bisa merasaakannya namun sekarang untuk kelas dengan Budget yang lebih terbatas bisa merasakan keyboar mechnical ini Salah satu brand yang mencoba hal ini adalah Corsair yang beberapa waktu lalu baru saja merilis Corsair K63 Clavier Mecanique.

Unboxing

Kemasasn corsair cukup simple,dan di semua setiap sisi di  hadirkan informasi yang detail mengenai produk K63, mulai dari bentuk dan ukurannya, switch, fungsi tombol, hingga kemampuan software yang tersembunyi di dalamnya.

Dalamnya terdapat unit keyboard-nya sendiri yang dibungkus dengan plastik dan buku manualnya. Hanya itu saja, tanpa ada embel-embel aksesoris lain.

 Spesifikasi

  • 100% CHERRY MX Red mechanical keyswitches
  • Per-key red LED backlighting and large font keycaps
  • Compact tenkeyless design
  • Dedicated volume and multimedia controls
  • 100% anti-ghosting with full key rollover
  • CUE Support
  • Windows Key Lock mode
Corsair K63 Compact Mechanical Keyboard
Switches Cherry MX Red, mechanical, 45g actuation force, 2.0mm actuation distance, rated at 50M operations, gold cross-point contacts
Backlighting Red – Individually lit and per key programmable
Macro Keys All Keys
Matrix  100% anti-ghosting with full key rollover
Media Keys Dedicated multimedia and volume controls
Windows Lock Key  Dedicated
CUE Software  Enabled
Cable  Tangle-free rubber
Dimensions 365(L) x 171(W) x 41(H) mm / 14.37”(L) x 6.73”(W) x 1.61”(H)
Weight  1.12 kg / 2.47 lbs
Warranty  Two years
MSRP $79.99

Desain dan layout keyboard

Dilengkapi dengan desain yang lebih pendek yang menghilangkan pad nomor, bezel yang lebih ramping, lampu LED merah, bukan RGB, desain kabel yang ringan, serta saklar Cherry MX Red. Ini lebih ringan, lebih murah, dan meski tidak memiliki banyak fitur  dari  type corsair lainnya,  dan juga hal lain yang Anda gunakan untuk keyboard sehari- hari.

K63 merupakan mechanical keyboard dengan layout tenkeyless.

Dari segi bentuk   terlihat sederhana dan jauh dari kata premium. Body K63 dilindungi dengan bahan plastik berwarna hitam. dan memberikan sedikit elemen warna merah di bagian dasar penampang keys yang membuat keyboard ini tampil sedikit garang dan lebih nuasa lebih berkelas.

Dengan permainan warna dasar penampangnya ini terlihat semakin menyala dengan backlight berwarna merah yang dimiliki oleh K63 ini. Beralih ke belakang  keyboard, tidak ada banyak hal yang dapat ditemukan di sini selain penahan  kaki-kaki karet untuk menjaga kestabilannya dan sepasang kaki tambahan berbahan plastik dan karet di sisi atas untuk menaikkan kemiringan k63.

Salah satu yang menjadi pembeda antara K63 dengan keyboard Corsair lainnya di kelas atas adalah ketiadaan palm rest yang bisa dipasang-lepas. Sebagai gantinya, Corsair membuat bagian sisi belakang K63 terkesan lebih membulat, tidak curam seperti biasanya. Untuk data teknisnya, Corsair K63 memiliki dimensi sekitar 36,5 cm x 17,1 cm x 4,1 cm dan bobot sekitar 1,1 kg sudah lengkap dengan kabelnya.

Keycaps

Corsair K63 menggunakan desain floating keys  setiap keys terpasang di atas panel atas keyboard, bukan di dalamnya.

K63 dilengkapi dengan full loadout dari Cherry MX Red Switches asli. Switch ini menampilkan kontak Gold Crosspoint dan dijamin tahan terhadap 50 juta klik. Cherry MX Reds menampilkan  4mm dengan titik aktuasi 2mm, gaya gerak 45gr. Switch ini ringan, cepat, dan sempurna untuk gaming.pada setiap tombol tunggal pada K63 memiliki anti-ghosting, bukan hanya tombol tertentu seperti bagian WASD seperti yang ditemukan pada beberapa keyboard. Istilah “ghosted” mengacu pada penekanan tombol yang tidak terdeteksi dan kemudian diputus (misalnya, ketika seseorang menekan D-C-U dan hanya melihat D-C, U telah menjadi hantu). Di atas kita juga bisa melihat latar belakang merah yang ditemukan di balik semua tombolnya.

Nah di dalam keycaps-nya sendiri, keyboard ini didesain dengan keycaps  permukaan halus dan berbentuk cekung seperti keycaps pada umumnya. Satu-satunya keycaps yang berbeda adalah dari segi  key spasi yang memiliki permukaan bertekstur layaknya pelat bordes atau plat baja pada umumnya.

Switch

Corsair K63 dipersenjatai dengan Cherry MX Red mechanical switch, salah satu switch favorit para gamers. switch ini memang dikembangkan di line k63 untuk kebutuhan aktivitas bermain game karena memiliki sifat yang ringan sehingga sangat cocok untuk aktivitas rapid clicking.

K63 dilengkapi dengan fitur 100% Anti Ghosting, yang membuatnya dapat merespon seluruh tombol jika ditekan bersamaan.

Macro & Tombol Lainnya

Mengejar keringkasan dalam desainnya, Corsair tidak menghadirkan tombol khusus untuk keperluan macro di K63. Akan tetapi, menggunakan Corsair Utility Engine, gamers tetap akan dapat mengubah berbagai fungsi tombol yang ada di keyboard ini.

K63 ini di lengkapi dengan beberapa tombol lainnya, di bagian atas, gamers dapat menemukan tombol multimedia seperti play, pause, stop, back, dan next, serta tidak ketinggalan tombol volume, tombol backlight, dan tombol Windows Lock.

Kabel

Keyboard Corsair K63 dilengkapi dengan kabel USB sepanjang sekitar  2,1 meter berlapis karet.  kabel ini terkesan kokoh karena bentuknya yang terbilang tebal dan kuat.

Pengalaman Pemakaian

Dengan switch yang dikombinasikan dengan keycaps-nya yang diposisikan dengan sangat baik, proses mengetik terasa menyenangkan, akurat, dan cepat tanpa banyak ditemui kesalahan ketik.

keyboard ini dijamin akan memuaskan aktivitas jari kalian. Saat digunakan untuk bermain game, Corsair K63 terasa responsif dan sigap saat ditekan.

 Sofware Utility Engine

nah  disini kita harus download terlebih dahulu sofwarenya,  Corsair Utility Engine dengan sigap akan menemani para gamers yang ingin mengutak-atik fungsi keyboard-nya menjadi lebih maksimal. Melalui software ini, gamers dapat mengatur fungsi macro di tombol manapun, hingga mengubah efek backlight dengan beragam pola yang telah disediakan.

sofware ini ada bisa di pergunakan untuk beberapa harware Utility bisa di liat di bawah ini.

Di bawah ini Anda akan menemukan galeri tab dan berbagai pilihan yang akan Anda temukan menunggumu bersama K63. CUE memungkinkan Anda mendapatkan hasil maksimal dari kunci LED merah K63.

“K63 adalah salah satu dari banyak periferal yang menggunakan Power Utility Engine yang kuat (CUE). Perangkat lunak ini akan memungkinkan gamer untuk membuat tindakan seperti makro ganda, tugas kunci yang dapat diprogram ulang, penghitungan mundur timer, penyesuaian dpi, dan lainnya. Perangkat lunak ini juga akan memungkinkan gamer untuk membuat beberapa profil warna serta mode yang berbeda yang akan memungkinkan pencahayaan dan konfigurasi aksi terpisah berdasarkan permainan atau aplikasi.

CUE juga akan memberi pengguna kemampuan untuk:

  • Aktifkan pencahayaan dan dinamis dengan kontrol pencahayaan yang canggih dengan perangkat Corsair yang didukung
  • Buat tindakan dan makro kompleks untuk tombol yang dapat diprogram pada perangkat Corsair yang didukung agar memungkinkan kontrol yang hampir tak terbatas
  • Ubah ikon dan latar belakang agar sesuai dengan desktop Anda dengan  pengguna khusus yang baru
  • Menyatukan semua perangkat gaming Corsair Anda bersama dalam satu aplikasi

Kesimpulan

Keyboard terbaru dari Corsair cukup mudah, dan ini menawarkan desain tanpa embel-embel yang tetap fokus pada kinerja game mentah. Dengan menggunakan switch Cherry MX Red berkualitas tinggi, Anda tahu ini akan responsif dalam tugas permainan apa pun, dan ini akan sama menyenangkan bagi pekerjaan sehari-hari juga. It’s great untuk mengetik untuk waktu yang lama berkat saklar ringan dan responsif, jadi seharusnya tidak memperlambat Anda selama maraton game sepanjang malam Anda.

Desainnya bagus dan kompak, dan saat membolos nomor pad bukanlah sesuatu yang setiap orang ingin lakukan, ada banyak pengguna PC dan gamer di luar sana yang lebih memilih desain yang lebih pendek yang ditawarkan K63. Desain yang lebih pendek membutuhkan ruang desktop yang jauh lebih sedikit, yang sangat cocok untuk mereka yang sudah memiliki ruang terbatas di desktop mereka, atau bagi mereka yang ingin membebaskan lebih banyak ruang untuk mouse mereka.

Desain yang lebih pendek juga berarti lebih mudah untuk menyimpan dan mengangkut keyboard, membuatnya cukup kecil untuk dibawa dan dimasukkan ke dalam ransel Anda jika Anda bepergian ke rumah teman untuk malam game LAN, atau bahkan acara olah raga eSports atau LAN. .

“Sementara Corsair K63 tidak begitu banyak dikemas seperti type lainnya, namun penampilannya tetap menjanjikan performa yang akan memberi Anda keunggulan di rumah di kantor, atau dalam tur dengan tim pro-game Anda. Ini terlihat bagus, tampil sempurna dan hadir dengan harga yang pasti bisa membuat senyum di wajah Anda. ”

 

Comments

comments

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: