Home / home / Review Vivo V15: Smartphone Dengan Kamera Pop-up Yang Canggih

Review Vivo V15: Smartphone Dengan Kamera Pop-up Yang Canggih

Pada awal tahun ini, Vivo yang dikenal sebagai smartphone dengan kualitas kamera sebagai nilai utama telah meluncurkan smartphone terbaru mereka. Vivo merilis V15 untuk menjadi penerus dari V11 dengan layar lebar dan kemampuan kamera yang mumpuni. seperti seri V11, V15 ini memiliki dua varian dan salah satunya yang akan diulas kali ini adalah V15.

V15 yang diulas kali ini hadir dengan paket boks karton berwarna putih dengan gambar produk di depan dan rincian lanjutan pada bagian belakang.

Untuk isi dari paket penjualannya selain smartphone V15 itu sendiri, terdapat beberapa item seperti rubber case, tray ejector pin, earphone, adaptor 2A dengan kabel data micro USB 2.0. paket dari V15 ini memang mirip dengan V11 termasuk ketiadaan dari buku manual dan kartu garansi fisik yang sudah terintegrasi di dalam smartphone.

Untuk rubber case, untuk V15 sendiri terlihat berbeda dengan V11 dimana di tepi case berwarna hitam doff yang terasa lentur dan bagian dasar case bening yang keras. dibandingkan dengan case bawaan V11, case V15 ini terasa kuat dan kokoh meskipun tetap terasa keras saat memasang case ke smartphone.

Desainnya sendiri terlihat mirip seperti V11. penggunaan layar 6,5 inci super AMOLED dengan rasio 19,5:9 dan memiliki kerapatan 402 dpi membuat tampilan menu dan konten di layar V15 ini terlihat lebih luas . Dengan dimensi dari V15 yaitu 157 x 75 x 7.9 mm dan berat sekitar 156 gram membuat smartphone ini cukup nyaman digenggam meskipun layar dan bentuk smartphone terlihat besar. selain itu, layar dari smartphone ini sudah dilapisi anti gores sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika layar tergores.

Screen-to-body ratio dari smartphone ini sekitar 85%. Karena layarnya yang memanjang membuat tombol navigasi (Back, All Apps dan Home) digantikan oleh navigasi virtual on-screen yang bisa diatur desain dan pengoperasiannya.

“notch” atau poni memang masih digunakan pada beberapa seri Vivo dengan model teardrop. namun, untuk seri V15 ini notch yang biasanya terdapat kamera depan telah dihilangkan. sedangkan untuk sensor cahaya dan jarak termasuk earpiece tetap terletak pada tepi atas termasuk mic sekunder di bagian atas dari smartphone ini.

Lalu dimana kamera depannya ? ternyata Vivo menempatkannya dalam posisi tersembunyi di atas V15 bersama dengan mic. berarti V15 merupakan salah satu smartphone pertama dengan kamera depan sistem pop-up di Indonesia. untuk memunculkan kamera depan ternyata cukup mudah, yaitu dengan mengganti mode kamera saat menggunakan kamera belakang ke kamera depan. sayangnya dengan konfigurasi kamera pop-up seperti ini membuat fitur face unlock hilang di V15.

Untuk tombol fisiknya sendiri di sisi kanan tersedia tombol volume (+/-) dan tombol daya. sedangkan untuk posisinya sendiri terbilang mudah diakses jari.

Selain tombol daya dan volume di sisi kanan, di sisi kiri terdapat tombol fisik khusus yang digunakan untuk mengaktifkan Google assistant. pengaturannya sendiri dapat dilakukan melalui pengaturan Jovi. untuk Tray kartu SIM berada pada sisi kiri dari V15. tray kartu SIM yang digunakan memiliki bentuk dedicated, persis dengan V11 yang artinya slot SIM dengan slot microSD memiliki celah tersendiri. slot seperti ini sangat memudahkan pengguna dalam pemakaian dual SIM dan micro SD secara bersamaan tanpa mengorbankan slot SIM.

Vivo V15 ini masih menggunakan konektor micro USB 2.0 sebagai port untuk pengisian daya dan transfer data seperti V11. mungkin Vivo masih tetap memakai port micro USB 2.0 pada V15 untuk menunjang sistem fast charging yang stabil meskipun USB Type-C saat ini sudah cukup stabil untuk fast charging. Selain itu, terdapat speaker dan port audio 3.5 mm serta mic di samping port micro USB.

Kamera utama dari Vivo V11 Pro berada di belakang dengan konfigurasi triple camera dan ini juga salah satu yang pertama di Indonesia yang memiliki sistem kamera belakang seperti ini. untuk sensor fingerprint, ditempatkan di belakang bersama dengan kamera utama tanpa screen touch ID seperti V11 reguler. Bodi belakang V15 ini menggunakan material plastik polikarbonat dengan warna Royal Blue, yaitu perpaduan warna hitam-biru yang glossy. Bodi dari smartphone ini secara keseluruhan memang cukup kokoh dan cukup mantap dipegang, namun bagian belakang smartphone seperti ini memang mudah sekali kotor karena sidik jari dan terasa licin jika telapak tangan pengguna berkeringat.

Comments

comments

About oky

Check Also

Smart Watch Huawei Terbaru, Tingkatkan Dukungan ke Gaya Hidup Sehat & Modern

Jakarta, 10 Oktober 2019 – Sejak memasuki pasar wearable pintar, Huawei terus menghadirkan produk-produk inovatif …

%d bloggers like this: